TIPS BELANJA ONLINE (how to become smart buyer)

Beli online dan jualan online itu menyenangkan yaa💕 walau kadang emang ada ngeselinnya dikit2, kalo barang yg dibeli ternyata kurang sesuai warnanya sama di gambar, atau kalo customer yg pesen barang di kita rewel banget dan ternyata engga jadi beli😂 semuanya udah pernah dialami sih tapi paling sering nyenenginnya kok.. Seneng itu kalo dapet harga murah untuk barang yang kalo beli offline harganya mahal😕 atau akhirnya berhasil dapet barang yang langka banget tapi karena belinya online jadi sejauh apapun barangnya berada tetep nyampe di kita🤗 seneng itu juga kalo ada customer yang borong langsung beli banyak, jadi ngasih diskon dan ongkirnya kita yang nanggung juga jadi gak sayang💶 dan yang paling nyenengin itu kalo customer ngechat nya baik-baik dan ramah juga, sama ramahnya sama kita sebagai pihak penjual😘

Kata orang, rata-rata yang jualan online pasti suka beli online juga. Kalo aku sih kebalik, awalnya suka beli online terus coba-coba jualan online sendiri.. Walaupun engga bener-bener buka toko dan engga bener-bener punya supplier juga.. Jadi dimulai dari jualan barang preloved (barang-barang koleksi pribadi yang udah ngga kita cintai lagi- maksudnya udah kekecilan, atau udah ga sesuai lagi sama umur kita, atau udah ngga ingin kita lihat lagi di kamar kita hahaha tapi masih bagus dan layak jual), terus jualan barang baru juga, yaitu barang hasil beli dari online tapi ternyata saat barangnya sampe aku ngga suka jadi ngga aku sentuh (oke lebay, tetep disentuh tapi engga dipake). Aku ngga nyalahin toko online tempat aku beli kalo barangnya kurang sesuai sama keinginan aku karena bisa jadi, aku yang ekspektasinya terlalu tinggi dan ngga memerhatikan fotonya dengan seksama, atau aku yang ngga ngerti sama deskripsi yang udah dijelasin di caption fotonya. Dari situlah aku mulai membiasakan diri jadi smart buyer. Ngga cuma penjual yang harus pinter, kita yang belinya juga harus pinter😎

Jadi untuk jadi smart buyer dan customer yang baik:
-sebelum ngechat penjual, perhatiin foto barang dengan seksama kalo perlu di zoom-zoom, terus pelajari dulu apa yang ditulis penjual. Kalo ada kata-kata yang kamu ngga ngerti, ngga usah nyusahin penjual dengan nanya, selama jawabannya ada di website temuan google yah udah googling aja. Apalagi yang di hpnya ada siri nya, tinggal nyuruh (ngomong) tuh hp udah langsung nampilin definisi dari kata yang kita ngga ngerti. Misal: kolpri. Beberapa mungkin awam sama istilah ini, ternyata kolpri itu koleksi pribadi. Banyak kata-kata yang biasa ada dalam jualbeli online, kayak firsthand, preloved. Terus misal keterangan bahan. Udah jelas-jelas si penjual ngasih nama bahannya: katun rayon. Kita ngga ngerti katun rayon itu yang kayak apa, kita bisa googling oh ternyata katun rayon itu yang lebih lembut dari katun biasa, dia ngga lebih tebel dari katun jepang dan katun-katun eksklusif lainnya tapi tetap ngga nerawang dan punya keunggulan lebih jatuh kainnya daripada jenis katun lain dan pastinga harganya lebih murah dari katun lain. Kayak gitu misalnya, itu jelas banget ada pas gooling muncul, deskripsi kain lengkap didapet dari blog orang-orang fashion dan konveksi. Selain itu kita juga jadi lebih puas karena jadi lebih ngerti, kalo kita nanya ke penjualnya pasti dijawabnya singkat karena dia kan harus menjawab chat dari banyak pembeli.

-jangan minta penjual kirim foto di chatroom kita dengan si penjual. Kamu kan bisa liat foto2nya di katalognya si penjual itu, buat apa si penjual upload dobel dobel di instagram (misal) dan di chatroom sama kamu juga. Ini nyusahin penjual dan morotin kuota penjual juga. Kecualiiiii katalog dia banyak banget dan yang kamu cari itu udah spesifik, kamu udah tau kamu maunya apa, dan penjual hanya mengirimkan 2-3 foto untuk detail barang, itu dimaklumi. Misal di instagram penjual hanya memfoto barang dari tampak depan, kamu pengen tau tampak sampingnya, kamu minta fotoin. Wajar. Kalau kamu minta penjual kirim puluhan foto, waduh.. Mending kalo kamu jadi beli. Aku pernah loh udah upload puluhan foto, eh ditinggal gitu aja. Aku chat dia dua hari kemudian, "sis jadinya mau yang mana? Hehe" di read doang. Ini nih yang namanya customer HIT AND RUN. Haduh haduh..

-jangan rewel minta dibales cepet. Kalo setengah hari untuk nunggu penjual bales chat pertama kamu, dan 10-15 menit kamu ngasih waktu untuk si penjual ngetik dan balas chat selanjutnya rasanya pantas aja tuh.. Kamu jangan ngechat berkali-kali, chat kamu malah naik terus ke atas, sementara penjual pasti akan balas chat dari bawah, kan yang duluan nge chat pasti chatnya paling bawah. Gituuu jadi jangan rewel ya apalagi sampe berkata-kata kasar.. Budayakan antri, dan hargai pembeli yang lain yang sama-sama punya hak untuk dilayani😏

-jangan ribut minta diskon padahal kamu jelas-jelas tau barang yang kamu pesan itu udah murah banget. Kamu kan udah survey harga ke penjual lain, bahkan harga offline di mall-mall udah kamu lihat, dan kamu tau harga si penjual ini udah murah banget bahkan kelewat murah, jangan maksa minta potongan harga terus, apalagi nawar sampe setengahnya.. Masya allah ini kan bukan pasar tradisional.. Lu kate ini beli sayur. Udah gitu pas kamu ditolak sama penjual kamu marah, mencak mencak ga jelas, kata-katanya kasar. Pembeli adalah raja, itu pepatah dulu. Sekarang penjual adalah ayahnya raja. Kan yang butuh barang siapa? Customer. Ngga ada penjual, customer ngga idup. Jumlah customer dibanding penjual banyakan customer. Jadi jangan ngerasa sok dibutuhin. Lakukanlah penawaran harga dengan nominal yang rasional.

-kalo barang udah di total, kamu udah minta nomer rekening juga, apalagi kamu udah ngasih nama alamat dan no hp untuk tujuan pengiriman barang, KAMU HARUS TRANSFER. Jangan hit and run dong. Kamu ngerugiin penjual dengan memaksa penjual keep barang yang kamu pesan padahal ada calon pembeli lain yang pengen barang itu juga tapi ngga bisa beli karena penjual udah janji keep barang buat kamu tapi kamunya run-- nggak transfer. Inilah kenapa beberapa penjual online menerapkan sistem keep, dalam waktu 1x24 jam tidak transfer berarti barang yang sudah kamu pesan bebas dijual pada orang lain.

Masih banyak deh kayaknya... Kamu mau nambahin?😁

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar